Senin, 22 April 2013

Deja Vu : Suatu Kejadian yang Pernah Terjadi

Deja Vu, Apa itu deja vu

Enggaktau.com - Pernahkah kalian seolah-olah punya indera ke-6 sehingga bisa menebak apa yang sebentar lagi akan terjadi? atau seolah-olah kalian telah mengulangi kejadian yang sama seperti dimasa lalu atau di mimpi kalian? Jika pernah, maka itulah yang namanya Deja Vu.

Wuihh, andai hal itu selalu terjadi setiap akan  ada sesuatu yang buruk, pasti kita akan mampu menghindari sesuatu buruk tersebut karena kita sudah tau apa yang akan terjadi nantinya. Terus penjelasan Deja Vu itu apa?

Deja Vu itu berasal dari bahasa Perancis yang artinya sudah terlihat. Jadi kita seperti sudah pernah melihat kejadian yang terjadi dimasa lalu. Peneliti di bidang psikologi, Emile Boirac adalah orang yang pertama memperkenalkan Deja Vu ini.

Menurutnya, ada tiga jenis Deja Vu nih men :

1. Deja Senti

Biasanya seseorang yang mengalami Deja Vu jenis ini menganggap dirinya telah merasakan bahwa kejadian yang sedang terjadi "telah dirasakan" olehnya dimasa lalu. Sehingga kejadian yang sedang terjadi itu sangat mirip menurut orang tersebut dengan kejadian dimasa lalunya.

2. Deja Vecu

Nah, kalo Deja Vu jenis ini bukan lagi yang dirasakan. Tetapi orang yang mengalami  Deja Vecu ini sudah tau hal atau kejadian yang sebentar lagi akan terjadi. Jadi seperti bisa baca masa depan gitu men.

3. Deja Visite

Sedangkan Deja Visite adalah perasaan seseorang yang mengaku dirinya telah mengetahui suatu tempat walaupun dirinya belum pernah mengunjungi tempat tersebut. Jadi misalnya kita belum pernah sekalipun ke tempat yang sedang kita kunjungi, tapi kita tau apa saja yang ada di tempat itu.


Banyak orang yang mengatakan Deja Vu adalah kemampuan fisik seseorang yang mampu melihat masa depan, tapi ada juga yang menganggap Deja Vu adalah bagian dari masa lalu. Tetapi, peneliti telah menemukan bahwa Deja Vu bisa saja karena kegagalan kelistrikan otak. Jadi kayak sensasi yang salah pada ingatan atau memori gitu. Gak waras maksudnya? ya gak gitu juga sih. Entahlah, Deja Vu memang sebuah hal yang sangat misterius. Karena pasti banyak kok orang yang mengalami Deja Vu.

Semoga artikel ini bermanfaat, kalopun ada yang mau nambahin bisa langsung komentar di bawah ini. Terimakasih. Mari Kita ber-Deja vu ria?haha