Sabtu, 13 April 2013

Superman Is Dead - Biografi



EnggakTau.com - Superman Is Dead atau biasa dikenal dengan sebutan SID adalah sebuah Band beraliran "Punk Rock" yang lahir di kota Kuta, Bali. Awalnya,  mereka menggunakan nama "Superman Silvergun" yang kemudian berganti menjadi "Suerman Is Dead" pada tahun 1995. Nama ini diambil karena mereka percaya bahwa gak ada Manusia yang sempurna di dunia ini. 

Superman Is Dead di gawangi tiga anak muda yang berbakat dari kota Kuta, Bali. Mereka adalah Booby Cool sebagai Vocalis dan Gitaris, Eka Rock sebagai bassis dan backing vocal, dan ada Jerinx sebagai Drummer SID.


Awalnya genre musik SID dipengaruhi oleh Green day dan NOFX, kemudian lambat laun berubah menjadi Punk 'n Roll seperti pada Supersuckers, Living End dan Social Distortion. SID sendiri mempunyai citra sebagai "Punk Rock a Bali" atau punk rock yang berasal dari Kuta, Bali. Di awal karir mereka menghasilkan tiga album indie secara mandiri, yaitu "Case 15" (1997), "Superman Is Dead" (1999), mini album "Bad Bad Bad" (2002) dengan 6 lagu di dalamnya.

Kemudian pada bulan Maret 2003, SID menandatangani kontrak dengan Sony BMG Indonesia. Dengan hak-hak mereka, yaitu mayoritas lagu-lagu mereka berbahasa inggris dan mereka mempunyai hak artistik penuh pada 'image' mereka. Mereka juga merupakan band dari Bali yang pertama masuk label rekaman besar di Indonesia.

Album-album Superman Is Dead :

1. Kuta Rock City

Pada Maret 2003 setelah menandatangani kontrak dengan Sony Musik Indonesia, Album Kuta Rock City dirilis. Punk Hari Ini dan Kuta Rock City adalah singgle andalannya.

2. The Hangover Decade

Album ini dirilis pada tahun 2005. Disini SD juga memasukkan lagu-lagu lamanya seperti Long Way to The bar, TV Brain, Bad Bad Bad dan Beyond This Honesty.

3. Black Market Love

Di album ini lirik-liriknya banyak bercerita tentang alam, manusia, sosial dan politik. Album ini dirilis tahun 2006.

4. Angels and the Outsiders

Album ini dirilis pada tahun 2009. Lirik-lirik di album ini masih mengandalkan tentang sosial dan perlawanan terhadap penindasan. Genre musiknya juga masih di punkrock dan rock n' roll. Album ini sukses, terbukti SID di undang di Warped Tour Festival di Amerika Serikat. SID merupakan satu-satunya band Indonesia yang diundang ke Warped Tour Festival tersebut dan band kedua di Asia.Tidak hanya itu, SID juga mengadakan tour di beberapa kota di USA.

5. The Early Years, Blood, Sweat and Tears  

 Ini adalah album SID yang dirilis khusus dalam bentuk vinyl piringan hitam versi long play atau LP pada tahun 2012. Di album khusus ini mereka memasukkan karya-karya terbaiknya dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2009.Sampul albumnya juga nenarik karena menggambarkan suasana Poppies Lane II - Kuta pada era 80an ketika wilayah tersebut belum ada bangunan dan hanya ditumbuhi pohon kelapa dan rumput.