Rabu, 01 Mei 2013

[May Day] Google Doodle Juga Ikut Merayakan Hari Buruh Sedunia

enggaktau.com, hari buruh sedunia, may day, 1 mei, memperingati may day,
image : google.co.id
Enggaktau.com - Hari ini, tepatnya tanggal 1 Mei adalah Hari Buruh Sedunia atau biasa disebut May Day. Semua buruh-buruh di dunia sedang memperingatinya. Google Doodle juga ikut merayakan hari buruh sedunia. Buktinya, jika kalian buka google pada 1 Mei ini, kalian akan disambut dengan Google Doodle bertemakan May Day atau Hari Buruh Sedunia.

Hari buruh sedunia sendiri ditetapkan pada bulan Juli 1889 melalui Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris, Perancis yang mengeluarkan resolusi berisi:
"Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis."
Karena mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara, sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan May Day, diperingati oleh semua kaum buruh di berbagai negara meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Di Indonesia sendiri, hari buruh sudah diperingati sejak tahun 1920-an. Namun, semenjak Soeharto berkuasa, May Day dilarang lagi untuk diperingati. Karena menurutnya, May Day dikonotasikan dengan ideologi komunis. Namun, itu konotasi yang tidap pas. Karena mayoritas, negara-negara yang memperingati May Day adalah negar-negara nonkomunis bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis.

enggaktau.com, hari libur nasional, may dai, 1 mei, hari buruh sedunia,
imgae : indonesiarayanews.com
Setelah Orde Baru berakhir, aksi memperingati hari buruh kembali dirayakan diberbagai kota di Indonesia. Aksi memperingati hari buruh sedunia ini terbukti tidak membuahkan kerusuhan. Sampai sekarang, aksi memperingati May Day tetap dilakukan setiap tanggal 1 Mei. Rencananya, hari buruh ini juga akan dijadikan hari libur nasional pada tahun 2014 mendatang.