Selasa, 14 Mei 2013

Social Media Dari Masa ke Masa

Enggaktau.com - Jauh-jauh hari sebelum Facebook dan Twitter ngetrend seperti sekarang ini, banyak lho Social Media yang udah ngetrend dulu. Nah, kali ini ETC mau bawa kamu kembali ke ingatan masa lalu buat tau apa-apa aja sih SocMed-SocMed jaman dulu itu. Oke, kita mulai dari:



mIRC
Mungkin kamu agak asing dengan SocMed yang satu ini. mIRC ini fungsinya lebih ke layanan chatting. mIRC sendiri buming sekitar tahun 2000an , karna dulu internet belom sepopuler sekarang, jadi penggunanya belum begitu banyak. Tapi di masanya, mIRC ini SocMed paling ngtrend. Pada tahun 2003, Nielsen-Net memasukan mIRC ke “10 Aplikasi Internet Terbaik”




Friendster
Nah, mungkin kamu udah gak asing lagi sama kata Friendster. SocMed ini emang terkenal banget di masanya, sekitar tahun 2006-2008nan. Friendster makin popular karna waktu itu Internet lagi buming-bumingnya juga. Tapi semenjak tahun 2011, Friendster mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring social lho. Wuidi.. keren kan..




MySpace
MySpace juga merupakan Social Media yang jaya di masanya, sekitar tahun 2006an. Situs ini identic dengan Moods’nya, itu lho emosikon kecil yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati pengguna MySpace.




Plurk
Kalo SocMed yang satu ini mungkin belom banyak yang tau. Tapi dikalangan anak-anak Geek SocMed, tentu gak asing lagi sama situs yang satu ini. Plurk buming sekitar tahun 2009nan. Sama kayak MySpace, Plurk juga ada semacam Moods untuk menggambarkan suasana hati penggunanya.




Koprol
SocMed ini enggak terlalu setenar Friendster ato MySpace, tapi sekitar tahun 2009nan (kalo gak salah :p) Koprol sempet jadi pembicaraan karna situs ini di buat anak Indonesia dan kemudian di beli oleh Yahoo. Fungsinya sih hampir mirip kayak Twitter sekarang ini.




Facebook
Kalo kamu gak tau SocMed ini mungkin kamu adalah mas-mas ato mbak-mbak warung kopi dari masa lalu yang kelamaan nongkrong di kamar mandi. Facebook bisa di bilang SocMed paling fenomenal. Buming sekitar tahun 2009nan, sampai sekarang situs ini masih jadi yang paling popular di dunia.




Twitter
Awal didirikannya Twitter adalah sebagai MikroBloging, jadi semua Twit yang di update di Twitter merupakan karya seni. Tapi seiring berjalannya waktu, twitter lebih banyak digunakan sebagai Social Media.