Senin, 27 Mei 2013

[TIPS] Cara menghadapi Ujian SBMPTN 2013

enggaktau.com, tips, menghadapi sbmptn, snmptn, ptn, masuk perguruan negeri, cara tes SNMPTN, ujian masuk PTN

Enggaktau.com - Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) emang udah lewat men. Tapi tenang aja, jalan buat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri masih ada men. Jadi, buat kalian yang kemaren gak dapet undangan SNMPTN atau mungkin dapet tapi gak lolos, kalian masih punya kesempatan buat masuk Perguruan Tinggi Negeri yang kalian inginkan.

Salah satunya yaitu mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) seperti yang udah dijelasin ETC sebelumnya

Nah, biar kalian lancar mengikuti SBMPTN tersebut, ETC kasih beberapa tips menghadapi SBMPTN nih.

-->

1. Niat

Awali lah semua keinginan kalian dengan niat. Gitu aja sih.

2. Tentukan PTN dan Jurusan

Tentukan PTN dan Jurusan yang kalian inginkan. Jangan cuma asal PTN dan Jurusan aja men. Kalau kalian asal pilih, berarti kalian gak bener-bener niat masuk PTN. Kalau kalian diterima di PTN yang gak bener-bener kalian suka juga bakal pengaruh ke keseriusan kalian kuliah nantinya. Tentu percuma donk kalian masuk PTN kalau kuliahnya males-malesan. Jadi, tentukan PTN dan Jurusan yang bener-bener kalian minati atau inginkan.

3. Restu Orang Tua

Ini wajib banget! Kalian mesti minta ijin atau restu orang tua kalian buat ikut SBMPTN. Restu atau doa orang tua bakal mempengaruhi kelancaran kalian dalam menghadapi SBMPTN.

4. Belajar

Kalau emang niat masuk PTN, tentunya kalian harus rajin belajar prediksi soal-soal SBMPTN. Kalian bisa browsing atau beli buku soal-soal SBMPTN. Lebih baik lagi, kalian ikut bimbingan belajar buat masuk SBMPTN.

5. Persiapkan Alat

Siapkan alat-alat buat mengerjakan soal-soal SBMPTN. Seperti pensil 2B, penghapus, serutan pensil dan sebagainya. Gunakan alat-alat yang sesuai standar. Jangan cuma asal pensil 2B aja men.

6. Berdoa

Berdoa adalah hal yang sangat penting. Apapun usaha yang kalian lakukan, bakalan percuma kalau kalian gak berdoa.


Itulah beberapa tips yang ETC punya buat kalian untuk menghadapi SBMPTN. Pada intinya sih, semua harus diawali dengan niat, kemudian ada usaha dan berdoalah supaya usaha kalian dimudahkan oleh-Nya. Tetapi, jika hasil akhir yang kalian dapat gak sesuai dengan harapan kalian, itu bukan berarti kalian gagal dan gak dikabulkan doanya. Karena pasti Tuhan bakal kasih yang terbaik buat kalian men.