Minggu, 21 Juli 2013

Cara Mencapai Tujuan Kita

enggaktau.com, cara mencapai tujuan, tujuan hidup, tujuan jangka panjang, tujuan jangka pendek
Enggaktau.com - Gak terasa ya, kamu udah masuk ke tahun ajaran baru di sekolah. Atau masuk sekolah baru buat yang dari tingkat SD ke SMP, dari SMP ke SMA, dan dari SMA ke (bisa kerja bisa kuliah).

Kamu pasti ingin pribadi yang lebih baik lagi kan daripada pribadi kamu yang kemaren? Dan juga pastinya kamu punya tujuan-tujuan yang ingin dicapai di tahun ajaran baru kamu di sekolah. Tapi, untuk mencapai tujuan kamu itu, biasanya kamu cuma menggebu-gebu di awal aja. Dan lama-kelamaan tujuan kamu itu bakal dilupain gitu aja.

Misal tujuan kamu ingin rajin di sekolah, kemudian kamu berangkat ke sekolah gasik banget, rajin mencatat, ya pokoknya rajin lah. Tapi itu cuma berjalan di awal masuk sekolah aja, dan pas di pertengahan semester rasa jenuh bakalan muncul dan membuat kamu malas lagi.

Mungkin masih ada tujuan kamu lagi yang lainnya. Untuk mencapai tujuan kamu itu, ada baiknya kamu ikutin beberapa saran dari ETC nih.

1. Tentukan tujuan yang spesifik

Spesifik maksudnya tuh tujuan kamu harus jelas dan detail. Jadi gak usah terlalu banyak tujuan lah. Cukup satu tapi emang bener-bener penting buat kamu. Kalau tujuan kamu spesifik gitu, kamu bakalan mudah menentukan apa yang harus kamu lakuin untuk berusaha mencapai tujuan kamu itu. Karena tanpa usaha, kamu gak mungkin mencapai tujuan kamu.

2. Tulis tujuan kamu

Saat tujuan kamu cuma ada dipikiran kamu, biasanya kan gampang ilang atau dilupain tuh. Jadi, coba deh kamu tulis tujuan kamu biar kamu selalu ingat sama tujuan kamu. Kamu bisa menulis di buku harian kamu, atau membuat tulisan yang besar dan menaruhnya di tempat-tempat yang mudah dan sering kamu lihat. Karena setiap kali kamu melihatnya, kamu jadi ingat sama tujuan kamu. Sehingga otak kamu akan terlatih untuk menyuruh kamu membuat usaha-usaha untuk mencapai tujuan kamu itu.

3. Bagi tujuan kamu menjadi beberapa bagian

Kamu kan punya satu tujuan utama yang spesifik. Misal, tujuan utama kamu adalah Peringkat 1 satu sekolahan untuk tahun ajaran baru kamu ini. Dan anggap itu jadi tujuan jangka panjang kamu. Ya udah, bagi deh tujuan kamu itu atau membuat tujuan jangka pendek. Misal, pertama tujuan jangka pendek kamu adalah nilai ulangan setiap mapel harus A. Terus ada lagi tujuan jangka pendeknya, mungkin nilai mid semester kamu juga harus A. Nah, kamu berusaha deh tuh biar nilai ulangan kamu semua A, terus nilai mid Semester kamu juga A. Terserah kamu, mau pake cara apa. Pake cara belajar, atau mau nyogok guru juga bisa. Tapi, jangan nyogok deh! Gak ada tantangannya sama sekali. Toh, nyogok itu dosa. Emang besok kerjaannya mau jadi koruptor? Jangan sampai ya men!!
Nah, kalau udah di bagi-bagi gini, kamu bakalan lebih mudah mencapai tujuan utama kamu. Dengan syarat tujuan jangka pendek tadi harus tercapai dulu. Tentunya dengan proses usaha kamu itu.

4. Pandai-pandailah mengatur waktu kamu

Kamu harus bisa mengatur waktu kamu. Jadi jangan sampai kamu buang-buang waktu kamu dengan hal yang sia-sia. Kamu bisa membuat jadwal kegiatan kamu setiap hari. Dan kamu harus bisa disiplin sama jadwal yang udah kamu buat. Ya intinya sih kamu emang harus disiplin sama diri kamu sendiri. Misal kamu lagi belajar atau mungkin kamu lagi ada kelas di sekolah kamu, ya kamu harus disiplin dengan gak main hp, dengerin musik atau kegiatan lainnya yang bisa ngebuat kamu gak fokus sama materi yang lagi dijelasin sama guru kamu.

5. Wujudkan tujuan kamu

Kamu gak bisa cuma berfikir untuk mewujudkan tujuan kamu itu. Kamu harus punya aksi atau usaha untuk mewujudkannya. Kamu gak mungkin mencapai tujuan kamu kalau kamu cuma berfikir tanpa aksi.
Dan untuk mewujudkan tujuan utama kamu, kamu harus memastikan terwujudnya tujuan-tujuan jangka pendek kamu.

6. Berfikir positif

Ini sebenernya mengacu ke sugesti diri kamu sendiri. Kamu harus yakin kalau tujuan kamu bakal tercapai nantinya. Jangan kamu berfikiran kalau kamu gak bisa mencapai tujuan kamu itu. Kalau kamu berfikiran gak bisa, yang terjadi nantinya ya kamu gak bisa mencapai tujuan kamu itu. Tapi kalau kamu berfikiran bisa, tentunya kamu pasti bisa kok mencapai tujuan kamu itu. Semua kembali ke sugesti atau keyakinan diri kamu sendiri sih. Teruslah motivasi diri kamu sendiri, mungkin dengan bilang "Apapun mungkin terjadi di dunia ini! dan aku mampu". Iya bener, kamu mampu!!

7. Beri hadiah untuk diri kamu sendiri

Setiap kamu mencapai tujuan-tujuan kamu, entah tujuan jangka pendek atau jangka panjang, coba deh beri hadiah atau reward untuk diri kamu sendiri. Apa aja, terserah kamu. Soalnya kalau tanpa reward, biasanya semangat kalian untuk mencapai tujuan kamu itu bakalan gampang pudar. Jadikan reward itu untuk terus memacu kamu dalam mencapai tujuan kamu itu.


Proses mencapai tujuan emang berat men. Bakal ada banyak rintangan yang bisa bikin kamu gak dapat mencapai tujuan kamu. Tapi apapun itu, kamu harus tetap jangan menyerah. Karena kalau kamu sampai dapetin tuh tujuan kamu, kamu bakal ngerasa super. Oke, salam supir!! Eh, super maksudnya.