Selasa, 09 Juli 2013

Jaburan, Tradisi di Bulan Ramadhan yang Sudah Mulai Hilang

enggaktau.com, tradisi jaburan yang sudah mulai menghilang di bulan ramadhan, macam-macam tradisi ramadhan, setelah solat tarawih
www.hiburan.plasa.msn.com
Enggaktau.com - Malam ini kita bakal menjalankan shalat tarawih pertama kalinya di bulan ramadhan kali ini. Shalat tarawih ini dilaksanakan setelah shalat 'isya. Itu artinya besok kita sudah mulai puasa. 

Tahukah kalian kalau jaman dulu ada sebuah tradisi makan bersama setelah shalat tarawih? Ya, jadi jaman dulu itu ada yang namanya Jaburan. Sebenarnya itu seperti buka bersama sih. Tapi dilakukannya setelah tarawih. Mungkin biar pada rajin berangkat tarawih kali ya.

Tradisi ini dilakukan setiap malam setelah shalat tarawih. Biasanya ada beberapa orang yang membawa makanan untuk dijadikan jaburan di masjid. Nah, setelah shalat tarawih, makanan yang sudah disiapkan itu dibagikan kepada semua orang yang berangkat tarawih. Kalau misalkan makanan itu berupa nasi, sayur dan lauk, biasanya makanan itu akan dimakan bersama-sama dalam satu wadah. Wadahnya itu bisa berupa daun pisang atau lainnya. Kemudian, semua orang yang ikut tarawih akan makan bersama-sama. Makanya, kebersamaan jaman dulu tuh terasa banget.

Namun, saat ini tradisi itu sudah mulai pudar bahkan menghilang. Padahal dulunya tradisi ini khas banget di bulan ramadhan.