Jumat, 26 Juli 2013

Kebiasaan Sehat Penduduk Okinawa yang membuat Mereka Berumur Panjang


orang-okinawa-jepang

Enggaktau.com - bisa berumur sampai seratus tahun lebih, dan memiliki ingatan yang masih di bilang bagus. Wow. kamu mungkin tidak percaya, tapi begitulah Fakta yang ada di tengah penduduk Okinawa, Jepang. 


penduduk di sini di percaya banyak yang umurnya sudah seratus tahun lebih, dan mereka masih sehat. lalu kebiasaan sehat apa sebenarnya yang membuat mereka bisa begitu, berumur panjang dan tetap sehat? berikut ini Kebiasaan Sehat Penduduk Okinawa yang membuat Mereka Berumur Panjang  ; 

1. Mengkonsumsi makanan dengan tidak Berlebihan

ketika mengkonsumsi makanan, penduduk okinawa mempunyai slogan "hara hachi bu". yang artinya, mereka tidak memakan makanan dalam porsi besar sekaligus, sehingga membuat lambung penuh, melainkan mereka hanya mengisi lambung mereka tidak lebih dari 80% untuk makanan. 

2. Menghitung Jumlah Kalori makanan

sebelum makan, mereka akan memperhitungkan dahulu, jumlah kalori dari setiap makanan yang mereka makan. penduduk okinawa biasanya hanya memakan lebih kurang 1.200 kalori/hari.

3. Keramahan Masyakart Okinawa

selain terkenal oleh banyak penduduknya yang berumur panjang, masyarakat okinawa juga di kenal sebagai masyakart yang Ramah. mereka beranggapan bahwa berkomunikasi dengan baik ke semua orang, akan mengurangi stress.

4. Seimbang antara Makanan Sayuran, Buah-buahan dan Hewani

kebiasaan dalam makan pun penduduk okinawa lebih banyak memakan makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti sayuran dan buah-buahan, yang banyak mengandung gizi yang berguna untuk kesehatan. dan juga mereka tetap mengkonsumsi pangan dari hewani, seperti daging sapi, susu, dan sejenisnya. untuk tetap menjaga keseimbangan Gizi.

5. Pintar dalam Mengatur Waktu Beraktivitas dan Berisitrahat

kebiasaan yang terakhir ialah, penduduk okinawa sangat disiplin dalam mengatur waktu beraktivitas atau bekerja, dan juga tidak melupakan waktu untuk berisitirahat yang cukup.


(sumber : dok.BBC.UK / image :worldlifeexpectancy.com )