Senin, 22 Juli 2013

ketika Sindrom "Jenuh" apa yang harus di lakukan?



Enggaktau.com - Pernah denger istilah Sindrom jenuh ? dont be serius. itu hanya ada di #ETc. mau tau apa itu Sindrom "jenuh", baca artikel ini sampai kata terakhir.

contoh kasus ; siang tadi kamu ngerasa bersemangat banget dengan apa yang kamu kerjakan saat itu, sampai sampai kamu berencana akan menambah nya, dan mengerjakannya malam nanti. setelah itu kamu pergi berisitrahat, lalu ketika malam tiba, kamu sudah berniat untuk mengerjakan kembali tugasmu yang tadi siang sengaja kamu siapkan untuk malam ini. oke laptop menyala, sejenak kemudian, kamu menatap laptop dengan tatapan kosong, lalu mulai berpikir, "apa yang lagi gue lakuin?". yang tadinya niatnya mau ngerjain tugas, akhirnya kamu malah bingung sendiri, ada rasa malas yang sangat, yang membuat kamu tidak ingin mengerjakan tugas itu. dan ingin sekali melakukan hal lain, seperti nonton film, minum kopi, dan sebagainya, yang semua kegiatan itu tidak ada hubungannya dengan tugas kamu.

Sindrom "jenuh" yang dimaksud disini adalah, ketika seseorang menemukan pada satu waktu, bahwa sebenarnya dia lelah dengan apa yang dia kerjakan. karena terus menerus berhadapan dengan 'tugasnya'. pada akhirnya seseorang pasti akan menemukan titik jenuh atas 'tugasnya' tersebut. dan biasanya ketika seseorang sedang terkena sindrom "jenuh", yang dilakukannya adalah dengan melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan tugasnya. tapi, disitulah sebenarnya obatnya sindrom "jenuh" ini. karena dengan melakukan hal yang lain, maka otak tidak akan terfokus dengan apa yang harus kita kerjakan, sehingga bisa rileks sejenak. 

melupakan sejenak tugasmu, dan lakukan hal yang berbeda itu adalah kunci untuk mengatasi sindrom "jenuh" ini. lakukanlah sesuatu yang berbeda saat ini. misalnya berkaroke lagu daerah, bermain  video game, ngobrol bersama teman-teman, atau hanya berjalan-jalan keliling taman kota. setelah otak sudah rileks dan bisa berpikir dengan tenang, mulai lah kembali tugas secara bertahap. sedikit demi sedikit akan lebih baik ketimbang tidak dikerjakan sama sekali ya kan. salam #ETc