Sabtu, 20 Juli 2013

Khasiat atau Manfaat Pohon dan Daun Angsana

Daun Angsana | image : www.alfeea.wordpress.com

Enggaktau.com - Kesehatan emang penting banget buat kita. Bayangin aja kalau kamu gak sehat alias sakit. Kamu gak bisa apa-apa kan? Paling cuma tidur, tidur, tidur dan tidur. Mau makan gak nafsu, mau jalan sempoyongan. Aduh, emang gak enak banget kalau lagi sakit. Tapi, apapun keadaan kamu, kamu mesti tetap bersyukur. Namanya juga cobaan kan.

Tapi, pastinya akan lebih baik kalau kamu bisa menjaga kesehatan kamu. Banyak caranya, mulai dari olahraga, minum vitamin, tidur yang cukup, dan lainnya lah. Apalagi pas bulan puasa kayak gini. Penyakit yang rawan sih biasanya tuh sariawan.

Nah, kali ini ETC pengin kasih tahu kalian yang gak tahu obat alami untuk sariawan. Yang namanya alami pasti lebih sehat dong. Emangnya apa sih ETC? Obat alaminya ini adalah Daun Angsana. Pohon Angsana sebenernya tuh sering ditemukan dipinggir-pinggir jalan. Jadi sering disebut juga pohon peneduh. Tapi daun angsana ini juga lebih sering disebut dengan daun sonokembang.

Langsung aja deh, nih ETC kasih tahu beberapa manfaat tanaman angsana ini.


1. Menyembuhkan Batu Ginjal

Untuk menyembukan batu ginjal ini, yang kamu butuhin tuh Kulit Kayu Pohon Angsana. Caranya juga gampang, kamu cuma perlu menyeduh Kulit Kayu Pohon Angsana dengan air dan dicampur daun keji beling sama daun kumis kucing. Terus airnya diminum cukup sekali sehari sebanyak 100ml.

2. Obat Sariawan

Kalau untuk sariawan, kamu butuh Kulit Kayu Pohon Angsana. Caranya hampir sama dengan mengobati batu ginjal, bedanya cuma daun keji beling sama daun kumis kucingnya diganti dengan daun saga segar dan daun sirih segar. Dicampur dan diseduh, kemudian di diemin dulu sebentar. Cie yang diem-dieman. Aduh apaan sih ETC? Oke, kalau udah diem-diemannya lalu disaring deh tuh dan ambil deh beningnya buat kamu kumur-kumur, setiap 3 jam sekali ya.

3. Diare

Siapa nih yang lagi diare? Daun Angsana dan getahnya bisa nih buat obat diare loh. Jadi caranya tuh kamu Daun Angsana. Daun Angsananya yang diremas-remas loh ya. Terus kamu siram pake air yang udah masak. Kemudian saring tuh Daun Angsananya dam kamu minum deh sarinya.
cuci dan remas-remas beberapa helai

4. Bisul

Cie yang lagi bisulan. Beruntungnya kamu yang emang setia baca ETC. Jadi tahu kan obat alami buat bisul kamu. Bener men, ternyata Daun Angsana tuh bisa buat obat bisul. Pertama yang mesti kamu lakukan adalah mencuci bisul kamu atau bisul orang lain (terserah lah bisul punya siapa) pake air bersih dan alkohol. Kalau udah, kamu remas-remas deh tuh Daun Angsana. Kemudian kamu tempelin tuh Daun Angsana yang udah kamu remas ke bisul kamu.


Oke deh, semoga artikel ETC tentang Daun Angsana ini bermanfaat buat kamu.




image : id.wikipedia.org