Rabu, 03 Juli 2013

Perbedaan 3D IMAX, RealD, dan Dolby 3D

imax-reald-dolby


Enggaktau.com - pernah punya pengalaman, pas lagi kebioskop dan liat film yang ada tulisan di posternya kaya 3D IMAX, RealD, dan Dolby 3D. sebenarnya apa sih perbedaannya? apakah kualitasnya? apa rasa pas nontonnya yang beda? nah kita bakal bahas disini.

dikutip dari situs kacamata3d.com yang dengan panjang lebar menjelaskan apa saja itu perbedaan antara 3D IMAX, RealD, dan Dolby 3D.

-->
IMAX (Teater 4D Ancol, TMII, Ocean Park)

Teknologi 3D polarized yang paling pertama. Umumnya digunakan di teater dengan layar besar. Kacamata yang digunakan adalah linear polarized. Kelebihan dari IMAX ini adalah gambar yang seakan-akan keluar dari layar dan bisa terjangkau oleh tangan kita. Ditambah lagi dengan layar yang umumnya berukuran sangat besar sehingga menambah nyata efek 3D dan membuat kita seakan berada di dalam film yang sedang kita tonton.
Kekurangannya adalah efek tersebut membuat otak cepat lelah, dan gambar yang ikut bergerak ketika kepala kita bergerak membuat sulit untuk menonton dalam waktu lama. Masih ditemukan ghosting (berbayang) yang cukup nyata terutama ketika gambar bergerak cepat.
Di Indonesia, IMAX ada di Teater 4D Ancol, TMII dan Ocean Park.


RealD 3D (blitzmegaplex)

Merupakan teknologi 3D polarized yang lebih baru, menggunakan kacamatacircular polarized. Teknologi ini memungkinkan kepala kita bisa bergerak bebas tanpa kehilangan fokus pada gambar. Tapi efek 3D yang ditampilkan bukanlah efek 3D yang gambarnya bisa keluar dari layar seperti IMAX, melainkan kebalikannya, gambar seakan-akan masuk jauh ke dalam layar. Efek 3D ini tidak membuat otak cepat lelah sehingga cocok untuk menonton film berdurasi panjang.
RealD 3D menggunakan kacamata circular polarized yang harganya terjangkau. Namun, berbeda dengan layar standar yang berwarna putih, RealD mengharuskan layar yang digunakan berwarna perak (silver screen) sehingga membuat biaya investasi menjadi lebih tinggi.
Bioskop dengan teknologi RealD 3D di sini ada di blitzmegaplex.


Dolby 3D (XXI)

Merupakan teknologi 3D yang lebih baru, sekilas tidak ada perbedaan dengan RealD 3D. Perbedaan yang paling jelas dirasakan penonton adalah adanya pantulan warna di samping kedua mata, terutama pada saat lampu bioskop belum sepenuhnya dimatikan.
Keuntungan Dolby 3D bagi pemilik bioskop, teknologi ini masih menggunakan proyektor dan layar standar, sehingga biaya investasi relatif lebih murah. Hanya saja, kebalikan dari RealD 3D, kacamata Dolby 3D harganya jauh lebih mahal dibandingkan kacamata polarized karena memiliki lensa yang khusus.
Itulah sebabnya kacamata Dolby 3D dipasangi chip anti maling, yang sayangnya membuat kacamata menjadi berat dan kurang nyaman ketika menonton film berdurasi panjang.

nah sekarang kamu udah taukan apa aja perbedaannya, tambahan lagi, kacamata yang digunakan untuk menonton film film diatas tidak bisa sama, karena sudah dijelaskan teknologi nya berbeda, sehingga kita harus memiliki banyak kaca mata apabila ingin menonton semua film tersebut. tapi tenang, di tempat-tempat kita ingin menonton fil tersebut pasti sudah disediakan tempat untuk menyewa kacamata secara terjangkau. jadi kamu gak bakalan bingung lagi, pas ditanya pacar atau oranglain apa itu pengertian IMAX, Dolby 3D. 


sumber referensi : kacamata3d.com