Selasa, 23 Juli 2013

Siap-siap, Redenominasi Rupiah Pada 1 Januari 2014

enggaktau.com, penyederhanaan mata uang rupiah, 1000 menjadi 1 rupiah, ekonomi indonesia
image : finance.detik.com

Enggaktau.com - Udah pada tahu belum sih, kalau katanya Redenominasi nilai mata uang kita akan dimulai pada tanggal 1 Januari 2014? Atau mungkin ada yang belum tahu apa itu Redenominasi?

Oke, ETC kasih tahu! Redenominasi itu adalah penyederhanaan suatu nilai mata uang. Misal dari Rp 1.000.000 menjadi Rp 1.000, dari Rp 1.000 menjadi Rp 1. Itu kalau kebijakan penyederhanaannya menghilangkan tiga angka dari belakang. Kalau misal dua angka, ya berarti dari Rp 1.000.000 menjadi Rp 10.000. Ya intinya penyederhanaan nilai mata uang.

Tapi walaupun begitu, nilainya tetep sama kok. Soalnya harga barangnya pun juga ikut disederhanakan. Misal harga suatu barang itu tadinya Rp 10.000 menjadi Rp 10. 

Dan redenominasi ini merupakan hal yang wajar dilakukan. Contoh-contoh negara yang udah melakukan redenominasi nilai mata uangnya. Yaitu Bolivia, Peru, Argentina, Serbia, dan Brazil yang bahakan udah melakukan 6 kali redenominasi.

Nah, untuk melaksanakan redenominasi itu, ada tiga tahapan. Pertama, tentunya publikasi atau menginformasikan kepada masyarakat melalui media cetak dan media elektronik. Pada tahapan kedua, pedagang di beri kewajiban untuk menuliskan dua harga. Yaitu harga lama dan harga baru, dan hal ini dilakukan 6 bulan sebelum masa redenominasi. Kemudian, tahapan ketiga adalah pelaksanaan redenominasi yang rencananya akan dilaksanakan pada 1 Januari 2014 tersebut.

Tapi gak langsung diwajibkan menukar uang kita dengan uang yang baru tersebut kok. Karena batas waktu memakai uang yang belum diredenominasi tersebut sampai pada tanggal 31 Desember 2018.

Gimana nih pendapat kalian mengenai redenominasi?


Sumber : finance.detik.com