Rabu, 10 Juli 2013

Tradisi-Tradisi Saat Bulan Ramadhan di Indonesia

enggaktau.com, tradisi-tradisi di Bulan Ramadhan di Indonesia, mudik, petasan, artis sok alim
Enggaktau.com - Jangan liatin jam mulu men, gak mungkin kabur kok jam-nya. Buat kalian yang sedang berpuasa, daripada bengong gak jelas, mending baca-baca artikel dari ETC. Selain buat isi waktu dan menunggu waktu berbuka puasa, kalian bisa dapet info seputar ramadhan dan info lainnya juga kan. Ya, minum air sambil menyelam lah.

Nah, kalian tau enggak sih tradisi-tradisi khas orang Indonesia selama bulan ramadhan? ETC punya beberapa review tradisi selama bulan ramadhan nih. Apa aja? Cekibroot!!

Banyak Artis Menutup Aurat

Selama bulan ramadhan, banyak artis yang jadi sok alim gitu. Yang biasanya cuma pake tengtop sama hoooott paaaantt doang, pas bulan ramadhan akan sok pake kerudung. Keliatan kok bedanya yang niat hijab sama yang cuma gaya doang. Kalo yang sok alim biasanya pake kerudung, tapi rambutnya tuh masih keliatan gitu (sengaja diliatin -read). Setelah bulan ramadhan selesai, mereka yang sok alim pun kembali ke habitatnya masing-masing. Kalau ditanya kenapa gak dilanjutin hijabnya? Alasan mereka pasti sama, "Belum dapet hidayah". Kejadian kayak gini terjadi setiap bulan ramadhan. Jadi, ini termasuk tradisi juga dong.

Menjamurnya Acara Islami di TV

Bisa dikatakan, ini masuk dalam daftar tradisi khas di bulan ramadhan gitu. Soalnya setiap bulan ramadhan, semua stasiun televisi akan berlomba-lomba menyiarkan acara religi. Setiap pagi, siang, sore, malam, tengah malam. Ya pokoknya setiap waktu selama bulan ramadhan deh.

Belanja dan Cari Diskon!

Tradisi belanja semakin menjadi tradisi wajib di bulan ramadhan. Seolah-olah, ramadhan itu dijadikan ajang pamer baju gitu. Lihat aja di pasar dan mall-mall, pasti penuh tuh sama orang yang belanja baju khusus buat ramadhan. Dan bakal ngumpul deh tuh orang-orang di stand yang ada diskonnya paling gede. Padahal kan bulan ramadhan harusnya bukan ajang foya-foya (Bukan Fatin Foya lho!!).

Nyalain Petasan

Emang kurang lengkap kalau gak ada petasan sama kembang api. Jadi ada yang kurang gitu. Gak tau tepatnya sejak kapan tradisi nyalain petasan ini dimulai. Yang jelas, ini memang sudah menjadi tradisi saat bulan ramadhan gini. Tetap saja ada walaupun udah dilarang lho.

Mudik

Nah, kalau tradisi yang satu ini emang cuma ada di Indonesia nih. Setiap bulan ramadhan, tepatnya beberapa hari sebelum lebaran, jalanan akan penuh sama motor dan mobil yang bawa barang banyak. Macet pun terjadi berhari-hari. Inilah tradisi yang kurang afdol kalau gak dijalanin saat bulan ramadhan. Asli, sensasinya tuh berasa banget!!


Itu dulu sih beberapa tradisi ramadhan ala ETC. Gak tau deh kalau menurut kalian. Makanya, kalau ada yang mau nambahin, langsung aja tulis di comment box yang ada di bawah.