Jumat, 23 Agustus 2013

Apa kalian sudah menghargai Pahlawan Kemerdekaan?

Enggaktau.com - MERDEKA! MERDEKA! MERDEKA!! Gak terasa ya men, sudah 68 tahun Indonesia merdeka. Walaupun sudah kemaren hari ulang tahunnya, yaitu tanggal 17 Agustus, tapi gak salah kan kalau ETC ngucapin sekarang "Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 68".
 
Selama bertahun-tahun bahkan abad kakek dan nenek moyang kita memperjuangkan kemerdekaan RI. Mereka rela gak tidur dan gak makan demi mendapatkan kemerdekaan RI kita ini. Mereka pertaruhkan nyawa mereka demi kemerdekaan RI. Hari-hari mereka dibayang-bayangi desingan peluru dan suara ledakan bom. Hingga akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia Merdeka!!

Seiring berjalannya waktu, Indonesia tumbuh menjadi negara yang berkembang dan maju. Sekarang kita hanya tinggal menikmati jerih payah perjuangan kakek dan nenek moyang kita. Kita sudah gak bingung lagi memikirkan sandang, pangan, dan papan.

Yang jadi pertanyaan, Apa sih yang sudah kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia kita ini?

Tugas kita sekarang ini adalah mempertahankan dan menjaga kemerdekaan RI ini. Tapi, sekarang banyak banget yang sudah melupakan arti kemerdekaan dan melupakan jasa-jasa kakek dan nenek moyang kita yang susah payah merebut kemerdekaan.

Banyak lho bukti-buktinya. Beberapa buktinya adalah menjamurnya koruptor, banyak dari kita yang lupa butir-butir Pancasila, kebersamaan pun sekarang mulai pudar menjadi individualisme. Jaman kakek dan nenek moyang kita, NKRI harga mati. Namun, sekarang mungkin hanya sebuah kalimat yang tak ada arti. Karena sekarang, banyak petinggi atapun pejabat negara hanya mementingkan diri sendiri.

Harusnya kita sadar, kita sekarang hanya menikmati perjuangan kakek dan nenek moyang kita. Apa-apa sudah tersedia. Gak seperti jamannya kakek dan nenek moyang kita saat berjuang merebut kemerdekaan RI. Mau makan dan tidur aja sulit. Setiap hari selalu was was, gak pernah tenang hidupnya.

Coba deh kita renungkan bersama! Apa yang sudah kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan RI ini? Sudahkan kita menghargai jasa kakek dan nenek moyang kita yang sudah memberikan dan memperjuangkan kemerdekaan?

Kayaknya sih kebanyakan belum. Soalnya pasti banyak dari kalian yang gak peduli jasa-jasa pahlawan kita yang sebenarnya mereka adalah kakek dan nenek moyang kita.

Seharusnya kita mencontoh atau meneladani, dan menghargai kakek dan nenek moyang kita. Teladani lah kejujuran mereka dan bagaimana mereka memperjuangkan kemerdekaan RI hidup dan mati.