Rabu, 21 Agustus 2013

SONGKET is coming back

Enggaktau.com - Kalo ngaku Indonesia, pasti tau dong apa itu Songket? Nah kali ini kita mau ngebahas seputar peremajaan kain Songket nih.

Pastinya kita semua tau kain Songket adalah salah satu kain khas atau kain tradisional Indonesia. Kain Songket dihasilkan di berbagai kawasan di Indonesia, mulai dari SumateraKalimantanBaliSulawesiLombok hingga Sumbawa, Tentunya dengan motif yang berbeda-beda dan memiliki ciri masing-masing. 
Nama Songket sendiri berasal dari bahasa Melayu yaitu “sungkit” yang berarti “mangait” atau “mencungkil”. Nama ini berkaitan dengan cara pembuatan kain Songket itu sendiri, yaitu menenun.

Kebanyakan orang mengenal kain Songket sebagai pasangan serasi si kebaya, atau juga lebih dikenal sebagai pakaian adat salah satu daerah. Sehingga kain Songket terkenal kaku dan jarang ditemukan sehari-hari kecuali saat ada pesta saja. Nah, sekarang seiring dengan berkembangnya fashion, si Songket pun mengubah penampilannya. Dari kesan kaku menjadi lebih stylis, modis dan elegan.


Kini kebanyakan kain Songket di padupadankan dengan gaun sutra atau gamis sifon. Kain Songket dijadikan sebagai blazer atau cardigan. Kesan mewah pun tetap lekat pada jenis fashion yang satu ini. Dan tentunya dengan tampilnya gaya baru si Songket menambah daya tarik orang untuk mengenakannya tak hanya dalam pesta, namun blazer Songket juga bisa dikenakan saat kerja atau kegiatan sehari-hari seperti kuliah. Sekalipun digunakan untuk pesta, si Songket tampak lebih menarik :) . (zahra/etc)