Kamis, 01 Agustus 2013

Tips Mudik Biar Aman Buat Kamu

enggaktau.com,Tips Mudik Biar Aman Buat Kamu,mudik 2013,lebaran

Enggaktau.com - Lebaran sebentar lagi alias tinggal beberapa hari lagi. Buat kamu yang merantau jauh dari kampung kamu, pastinya ingin sekali mudik kan. Untuk ketemu dan berkumpul lagi dengan keluarga setelah beberapa lama kamu berpisah dengan mereka.

Nah, tentunya gak cuma satu atau dua orang yang bakal melakukan tradisi mudik ini. Pastinya akan ada ribuan bahkan puluhan ribu orang yang juga akan mudik. Alhasil, jalanan akan penuh sesak dengan orang-orang yang melakukan perjalanan mudik ini. Ada yang menggunakan sepeda motor, mobil, bus, dan alat transportasi lainnya.

Dan kali ini, ETC mau kasih Tips buat kamu yang mau mudik.

1. Check Up Kendaraan Kamu

Sebelum kamu berangkat mudik, kamu wajib banget tuh cek kondisi kendaraan kamu. Kamu bisa cek sendiri atau gak kamu ke bengkel lah. Cek motor kamu mulai dari Mesin, Oli, Rantai, Ban, Aki, ya pokoknya semuanya lah. Sampai semuanya benar-benar udah fit dan aman.

2. Pelajari Rute

Penting juga nih. Coba kamu pelajari rute-rute untuk mudik. Kamu bisa lihat peta dan hafalin rutenya. Tapi karena sekarang udah jamannya teknologi, tentunya GPS akan lebih membantu kamu nanti diperjalanan.

3. Olahraga dan Istirahat yang cukup

Kamu udah tahu kan kamu mau melakukan perjalanan jauh. Apalagi kalau naik sepeda motor. Kondisi fisik dan kesehatan kamu juga sangat penting. Jadi, olahraga dan istirahat yang cukup sebelum mudik perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik kamu.

4. Siapkan alat komunikasi

Sebelum berangkat, pastikan kalau HP kamu gak lowbat. Terus, jangan sampai ketinggalan juga charge nya. Kali aja lowbat dijalanan, kamu kan bisa charge di rest area tempat kamu istirahat saat perjalanan mudik. Kamu bisa juga kamu bawa battery cadangan atau bawa power bank untuk smartphone kamu. Jangan sampai lupa juga isi pulsa kamu.

5. Bawa Barang Secukupnya

Gak usah deh bawa banyak barang, apalagi kalau kamu pake sepedea motor mudiknya. Asli itu berbahaya buat keselamatan kamu. Bawa aja barang-barang secukupnya.

6. Jangan berboncengan tiga

Kalau misal kamu mudiknya naik sepeda motor, jangan boncengan tiga ya. Sepeda motor kan maksimal cuma untuk dua penumpang. Jadi, jangan membawa tiga penumpang di satu sepeda motor yak.

7. Utamakan Keselamatan

Gak usah terpancing emosi kamu, kalau misal ada kendaraan yang ugal-ugalan. Utamakan keselamatan kamu. Gak usah kamu ikut kebut-kebutan dijalan. Tapi kayaknya gak bisa ngebut juga. Kan udah pasti MACET. Yang pokoknya Keep Safety Riding bro!

8. Berdoa

Berdoalah minta keselamatan kepadaNya. Biar perjalanan kamu aman dan selamat sampai tujuan kamu.


Itu sih yang bisa ETC share buat kamu. Semoga tips Mudik ala ETC bisa bermanfaat buat kamu. Dan semoga kamu bisa berkumpul dan lebaran bersama keluarga kamu. Amin.